Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV MIN 6 Aceh Selatan

Ulfisa Ananda, 201325085 (2018) Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV MIN 6 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
ULFISA ANANDA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV MIN 6 Aceh Selatan, kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya penggunaan model dalam pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model yang sesuai dengan materi pelajaran, yaitu dengan menerapkan model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa terhadap materi macam-macam sumber energi melalui model Project Based Learning pada siswa kelas IV MIN 6 Aceh Selatan. (2) Untuk mengetahui kreativitas belajar siswa dengan penerapan model Project BasedLearning di kelas IV MIN 6 Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi emapat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVMIN 6 Aceh Selatan yang berjumlah 21 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembar observasi kreativitas siswa. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata. Dari hasil penelitian ini diperoleh rata-rata hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 64,21 (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II 77,89 (baik) dan semakin meningkat pada siklus III 91,57 (baik sekali). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 63 (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77 (baik) dan semakin meningkat pada siklus III 95 (baik sekali). Sedangkan untuk kreativitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I dengan persentase 62,54% (kreativitas sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 68,66% (kreativitas sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus III dengan persentase 78,57% (kreativitas tinggi). Dengan demikian model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi macam-macam sumber energ di kelas IV MIN 6 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Azhar, M. Pd; 2. Masbur, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Model Project, Based Learning, Kreativitas Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfisa Ananda
Date Deposited: 10 Apr 2018 08:21
Last Modified: 10 Apr 2018 08:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3412

Actions (login required)

View Item
View Item