Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kosakata Baku dan Tidak Baku di Kelas IV MIN 16 Aceh Besar

Halidayani, 201325091 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kosakata Baku dan Tidak Baku di Kelas IV MIN 16 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match)
Halidayani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (936kB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV MIN 16 Aceh Besar, hasil belajar siswa dalam pembelajaran kosakata baku dan tidak baku masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurangnya penggunaan model dalam pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model yang sesuai dengan materi pelajaran, yaitu dengan menerapkan model Make a Match. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan model pembelajaran tipe Make a Match dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 16 Aceh Besar. (2) untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran tipe Make a Match dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MIN 16 Aceh Besar. (3) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sesudah menggunakan model Make a Match dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MIN 16 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI 16 Aceh Besar yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar aktivitas guru dan siswa, lembar angket, serta soal tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil nilai rata-rata observasi guru siklus I sebesar 3,08 (Cukup) mengalami peningkatan pada siklus II 3,95 (baik sekali). Hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 2,90 (Cukup) mengalami peningkatan pada siklus II 4,05 (Baik). Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Make a Match banyak yang tertarik dan mendapatkan respon positif. Hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 16 dengan nilai presentase 57,1% (Cukup) sedangkan pada sikluls ke II hasil belajar siswa mengalami peningkatan, siswa yang tuntas 25 dengan nilai presentase 89,2% (Baik sekali). Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru, meningkatkan kemampuan belajar siswa, mendapatkan respon positif dari siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kosakata baku dan tidak baku di kelas IV MIN 16 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Saifullah, M.Ag 2.Siti Khasinah, S.Ag. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Make a Match, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Halidayani Ahmadi
Date Deposited: 11 Apr 2018 04:41
Last Modified: 11 Apr 2018 04:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3429

Actions (login required)

View Item
View Item