Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas Viii. I di Mtsn 1 Gayo Lues

Nurhasanah, 211323852 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas Viii. I di Mtsn 1 Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
PDF GABUNG (NURHASANAH).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Form B dab D Nurhasanah.pdf]
Preview
Text
Form B dab D Nurhasanah.pdf

Download (892kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran adalah salah satu hal yang sangat penting yang harus dipersiapkan oleh seorang guru sebelum memasuki ruang belajar. Karena dengan adanya penerapan model belajar yang tepat maka siswa akan lebih aktif serta pembelajaran yang ingin dilaksanakan lebih menyenangkan. Model yang
digunakan guru akan mempengaruhi proses belajar mengajar yang nantinya dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Terlihat di kelas VIII. I pada pembelajaran aqidah
akhlak siswa ada yang kurang aktif dalam proses belajar mengajar dikarenakan model belajar yang belum bervariasi. Oleh sebab itu, peneliti mencoba untuk menerapkan model team quiz pada saat proses belajar mengajar dilakukan, agar siswa lebih aktif pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model belajar team quiz dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII. I MTsN 1 Gayo
Lues?. Model team quiz adalah model pembelajaran aktif yang mana siswa dibagi kedalam beberapa kelompok dan bersama-sama mempelajari materi, saling memberi arahan, saling memberi pertanyaan dan jawaban setelah materi selesai disampaikan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. I MTsN 1 Gayo Lues yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data melalui instrumen observasi aktivitas siswa dan guru serta tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa pada siklus I dengan penerapan model team quiz 65,5% menjadi 98,21% pada siklus II, (2) Aktivitas
guru pada siklus I dengan penerapan model team quiz 69, 64% menjadi 89,28% pada siklus II, dan (3) Hasil belajar aqidah akhlak siswa pada penerapan model team quiz di siklus I memperoleh nilai rata-rata 66,50% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 77.25 %. Dengan demikian penerapan model team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak di kelas VIII. I MTsN 1 Gayo Lues dan kemampuan guru lebih meningkat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muzakir, M. Ag 2. Isna Wardatulbararah S.Ag, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Model team quiz, Peningkatan hasil belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurhasanah
Date Deposited: 11 Apr 2018 08:27
Last Modified: 11 Apr 2018 08:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3446

Actions (login required)

View Item
View Item