Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Dampak Pencemaran Bagi Kehidupan di SMP Negeri 8 Banda Aceh

Rizkiana Miftah, 281121622 (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Dampak Pencemaran Bagi Kehidupan di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
RIZKIANA MIFTAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa belum maksimal dengan menggunakan metode konvensional yang guru terapkan pada materi dampak pencemaran bagi kehidupan pada siswa kelas VII. Hal ini dapat diketahui bahwa 17 dari 27 siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 67, sedangkan nilai yang dicapai siswa yaitu 60. Salah satu inovasi yang dapat digunakan guru untuk hasil belajar dan aktivitas siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Rancangan penelitian ini adalah menggunakan desain penelitian true experimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII5 sebagai kelas eksperimen yang proses pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe picture and picture dan siswa kelas VII4 sebagai kelas kontrol yang proses pembelajarannya dengan metode konvensional. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal tes yang terdiri dari soal pre-test dan post-test dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Dampak Pencemaran bagi Kehidupan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture adanya peningkatan. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen (x ̃=76.09) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol (x ̃=58.57). Hasil analisis terhadap pengujian hipotesis, dengan menggunaan statistik uji t pada taraf signifikan 0,05 yaitu thitung > ttabel atau 3,55 > 2,02. Aktivitas belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture termasuk kedalam kategori aktif dengan nilai rata-rata 88,73%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Fakhri Yacob, M.Ed; 2. Eriawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Rizkiana Miftah
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:57
Last Modified: 26 Apr 2018 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item
View Item