Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 6 Darul Makmur Nagan Raya

Riski Arianti, 261324570 (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 6 Darul Makmur Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Strategi Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Strategi Pembelajaran)
RISKI ARIANTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

Rendahnya prestasi belajar matematika siswa disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika akibat dari pembelajaran yang kurang inovatif serta siswa kurang aktif dan kreatif. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui penerapan stategi pembelajaran peta konsep pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMPN 6 Darul Makmur Nagan Raya terhadap peningkatan hasil belajar dan untuk mengetahui respon siswa setelah penerapan strategi pembelajaran peta konsep pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMPN 6 Darul Makmur Nagan Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Setelah data terkumpul data diolah dengan menggunakan uji-t, berdasarkan hasil pengolahan data tersebut didapat terima H_0 apabila -t_((tabel) ) 〖<t〗_hitung<t_((tabel),)dalam hal lainnya H_0 ditolak. Karena nilai t_hitung tidak berada antara -t_((tabel) ) dan t_((tabel) )maka H_1 diterima. Jadi penerapan strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 6 Darul Makmur Nagan Raya.Respon siswa juga dikatakan positif karena berada kategori positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Burhanuddin, AG. M.Pd; 2. Cut Intan Salasiyah, S.Ag. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Peta Konsep, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Arianti
Date Deposited: 16 Apr 2018 02:29
Last Modified: 16 Apr 2018 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item
View Item