Penerapan Pembelajaran Berbasis Reading-Concept Map-Tema Game Tournament dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah pada Materi Sistem Indera di Man Cot Gue Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar

Khairuna, 281324794 (2017) Penerapan Pembelajaran Berbasis Reading-Concept Map-Tema Game Tournament dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah pada Materi Sistem Indera di Man Cot Gue Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
Khairuna pbl (281 324 794).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Minat baca siswa dalam pembelajaran Biologi di MAN Cot Gue masih tergolong kategori rendah. Rendahnya minat baca siswa dapat berdampak pada kemampuan berpikir siswa, sehingga berpengaruh pada prestasi belajar. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya pemanfaatan sarana perpustakaan sekolah, dan penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yaitu model pembelajaran yang berbasis Reading-Concept Map-Team Game Tournamentdan pemanfaatan perpustakaan sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui minat baca dan peningkatan prestasi siswa dengan penerapan pembelajaran berbasis Reading-Concept Map-Team Game Tournament dan pemanfaatan perpustakaan sekolahpada materi sistem indera. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (pre eksperimen) dengan modelone group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian iniseluruh siswa IPA kelas XI yang terdiri dari 1 kelas sebanyak 15 siswa, pemilihan sampel dilakukan secara total sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket untuk mengetahui minat baca dan tesuntuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Analisis minat baca siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data prestasi belajar menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan minat baca siswa dengan penerapan pembelajaran berbasis Reading-Concept Map-Team Game Tournament dan pemanfaatan perpustakaan sekolahtergolong kategori sangat tinggi dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil uji t menunjukkan thitung = 18,99 dan ttabel = 1,76131.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reading-Concept Map-Team Game Tournament, Pemanfaatan perpustakaan sekolah, Minat baca, Prestasi Belajar, Sistem indera
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Khairuna una
Date Deposited: 16 Aug 2017 11:33
Last Modified: 16 Aug 2017 11:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item
View Item