Pengaruh Media Audio Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak pada Manusia di MAN 1 Pidie

Siti Zuhra, 281324919 (2018) Pengaruh Media Audio Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak pada Manusia di MAN 1 Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Media Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Media Pembelajaran)
SITI ZUHRA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (903kB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di MAN 1 Pidie masih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penggunaan media pembelajaran. Alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran audio visual (video dan ular tangga). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media audio visual (video dan ular tangga) jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem gerak pada manusia. Penelitian ini menggunakan rancangan True experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Pidie, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA-2 dan XI IPA-3 yang berjumlah 30 siswa setiap kelasnya. Pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar soal. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar siswa menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran audio visual (video dan ular tangga) tergolong aktif dengan nilai persentase 76,38% pada pertemuan pertama dan siswa tergolong sangat aktif dengan nilai persentase 84,72% pada pertemuan kedua. Sedangkan aktivitas belajar siswa dengan media konvensional memiliki nilai persentase 57,96% pertemuan pertama dan 69,23% pertemuan kedua. Hasil uji t menunjukkan thitung 2,679 > ttabel 1,684, sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual (video dan ular tangga) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Eriawati, S.Pd.I., M.Pd; 2. Elita Agustina, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual (Video dan Ular Tangga), Aktivitas, Hasil Belajar, Materi Sistem Gerak pada Manusia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Zuhra
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:49
Last Modified: 13 Apr 2018 08:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3487

Actions (login required)

View Item
View Item