Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Momentum dan Impuls di SMK Negeri 5

Jauharil Maknuni, 251222842 (2017) Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Momentum dan Impuls di SMK Negeri 5. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Macromedia Flash]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Macromedia Flash)
Jauharil Maknuni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of surat Penyataan skripsi dapat diakses Penuh.png]
Preview
Image
surat Penyataan skripsi dapat diakses Penuh.png

Download (4MB) | Preview

Abstract

Prestasi siswa di SMK Negeri 5 Banda Aceh dalam belajar fisika sangat rendah, hal ini disebabkan guru menggunakan metode konvesional. Dalam proses pembelajaran diperlukan suatu pendekatan pembelajaran dan media yang tepat salah satunya penggunaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar fisika pada materi Momentum dan Impuls dan untuk mengetahui respon siswa dengan menggunaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar Fisika pada materi Momentum dan Impuls di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang diambil adalah Simple Random Sampling acak sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-RPL sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan Macromedia Flash dan kelas X-Akses sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Berdasarkan hasil penelitian, nilai Pre test siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 77 dan nilai Post test siswa kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 6,7 Dari hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu thitung > ttabel(6,73 > 2,000), yang artinya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa Macromedia Flash pada materi Momentum dan Impuls di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Muhammad Isa M.Si 2.Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash, Hasil Belajar, Momentum dan Impuls
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 16 Apr 2018 03:28
Last Modified: 16 Apr 2018 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3506

Actions (login required)

View Item
View Item