Sistem Pelayanan Prima bagi Masyarakat Kurang Mampu pada Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh

Sri Fitri Handa Yani, 431307351 (2018) Sistem Pelayanan Prima bagi Masyarakat Kurang Mampu pada Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pelayanan Prima]
Preview
Text (Membahas tentang Pelayanan Prima)
SKRIPSI Sri Fitri Handa Yani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of form B dan form D.pdf]
Preview
Text
form B dan form D.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sistem Pelayanan Prima Bagi Masyarakat Kurang Mampu Pada Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pelayanan prima yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin khususnya kepada masyarakat kurang mampu, dalam skripsi ini penulis menggunakan penelitian kualitatif yang sifatnya deskriptif analitik, dengan mewawancarai sejumlah informan yaitu pihak bidang pelayanan di rumah sakit dan pasien di rumah sakit. Selain itu, juga dengan mengumpulkan data dengan observasi dan dokumentasi terkait dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pelayanan prima bagi masyarakat kurang mampu pada Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh adalah belum bisa dikatakan sempurna, karena banyaknya pasien rujukan setiap hari yang membuat pelayanan tidak bisa terlayani dengan sempurna. Jika pasien telah melebihi batas pelayanan seperti ini maka pihak rumah sakit akan memberikan alternatif lain kepada pasien, yaitu dengan cara dialihkan pasien tersebut ke rumah sakit terdekat, seperti rumah sakit harapan bunda, rumah sakit kesdam dan kerumah sakit yang berhubungan dengan penyakit yang diderita oleh pasien tersebut atau ke rumah sakit keinginan pasien itu sendiri. Dan Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggannya, baik dokter atau perawat dalam memberikan pelayanan/tindakan harus tepat dan sesuai dengan penyakit yang diderita oleh pasien tersebut. Dan pihak rumah sakit juga berpedoman kepada SOP atau visi dan misi yang ada di rumah sakit tersebut agar pihak penerima layanan seperti pelanggan/pasiennya merasa dipentingkan atau diperhatikan dengan baik dan wajar. Dan pola pelayanan pihak rumah sakit dalam melayani masyarakat kurang mampu yaitu pihak rumah sakit memberikan pola pelayanan teknis fungsional, yaitu pola pelayanan masyarakat yang diberikan oleh instasi pemerintah yang sinkron dengan bidang, tugas, fungsi dan kewenangannya. Pihak Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin baik dokter dan perawat atau profesi lainnya akan memberikan pelayanan yang terbaik dan memberikan kenyaman yang tinggi bagi pasien, baik pasien mampu/kaya dan pasien kurang mampu/miskin tanpa membeda-bedakan status ekonominya karena semua pasien membutuhkan pelayanan yang prima yang dapat memenuhi semua keinginannya dan dapat menumbuhkan kenyaman dan kepuasan terhadap pasien tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jailani, M. Si; 2. Raihan, S.Sos.I, MA
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Prima, Masyarakat dan Kesehatan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial > 362.5 Masalah Pelayanan bagi orang Miskin
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: srifitri handayani
Date Deposited: 17 Apr 2018 04:53
Last Modified: 17 Apr 2018 04:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3527

Actions (login required)

View Item
View Item