Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di Kelas XI MAS Babun NajahBanda Aceh

Kurniati, 251324437 (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di Kelas XI MAS Babun NajahBanda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model Problem Based Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Problem Based Learning)
Kurniati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (956kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika salah satunya disebabkan oleh peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang diterapkan guru dikelas kurang efektif. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik maka diterapkan model pembelajaran problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas XI MAS Babun Najah Banda Aceh. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequeivalent control groupdesain .Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 25 peserta didik. Data yang diperoleh melalui soal tes yang dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung> ttabel yaitu 2,33>2,02. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas XI MAS Babun Najah Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D 2.Sri Nengsih, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Peserta Didik, Materi Usaha dan Energi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Kurniati Hasbi
Date Deposited: 17 Apr 2018 03:55
Last Modified: 17 Apr 2018 03:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3532

Actions (login required)

View Item
View Item