Pengaruh Pengunaan Scientific Approach terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MAN 1 Aceh Besar

Fannia Hidayati, 281223197 (2017) Pengaruh Pengunaan Scientific Approach terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MAN 1 Aceh Besar. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Skripsi ini menjelaskan tentang pengaruh pendekatan scientific approach, yaitu suatu pendekatan yang dibelajarkan secara ilmiah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa MAN 1 Aceh Besar.]
Preview
Text (Skripsi ini menjelaskan tentang pengaruh pendekatan scientific approach, yaitu suatu pendekatan yang dibelajarkan secara ilmiah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa MAN 1 Aceh Besar.)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu di MAN 1 Aceh Besar masih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penggunaan pendekatan, model pembelajaran atau pun gabungan antara keduanya. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan yang didalamnya menggabungkan beberapa model dan media yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah pendekatan pembelajaran Scientific Approach yang dikombinasikan dengan model dan media pemdelajaran seperti praktikum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran Scientific Approach jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini menggunakan rancangan True Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA MAN 1 Aceh Besar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 yang berjumlah 28 siswa dan kelas XI IPA 3 berjumlah 28 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan non-tes dan tes. Analisis aktivitas belajar siswa menunjukkan data dari aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran Scientific Approach lebih aktif jika dibandingan dengan pembelajaran konvensional. Analisis hasil belajar dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 2,60 dan nilai ttabel 1,68, atau hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran Scientific Approach lebih baik jika dibandingan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : 1. Samsul Kamal, M.Pd; NIP. 198005162011011007 2. Eva Nauli Taib, M.Pd; NIP. 198204232011012010
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Scientific Approach, Aktivitas, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: fannia hidayati
Date Deposited: 17 Aug 2017 00:59
Last Modified: 17 Aug 2017 00:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item
View Item