Fungsi Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Konseling Individual di SMKN 1 Mesjid Raya

Rauzaton Jannah, 271121476 (2016) Fungsi Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Konseling Individual di SMKN 1 Mesjid Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Bimbingan Konseling]
Preview
Text (Membahas tentang Bimbingan Konseling)
Rouzaton Jannah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Fom B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Fom B dan Form D.pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Manajemen atau pengelolaan merupakan suatu komponen integral dan tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan secara keseluruhan. Alasannya tanpa manajemen tidak mungkin tujuan pendidikan dapat diwujudkan secara optimal, dan manajemen juga merupakan kemampuan dan keterampilan khusus yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang efektif. Fungsi manajemen bimbingan dan konseling dalam konseling individual adalah proses belajar melalui hubungan khusus secara pribadi, peserta didik mendapat layanan langsung tatap muka dengan guru pembimbing dalam rangka pembahasan dan pengentasan masalah pribadi yang diderita siswa. Walaupun di SMKN 1 Mesjid Raya konseling individual telah diberikan secara terencana dan kontinu, tetapi konseling individual belum diberikan secara sistematis kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui fungsi manajemen bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan konseling individual di SMKN 1 Mesjid Raya. (2) hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru bimbingan konseling dalam melaksanakan konseling individual di SMKN 1 Mesjid Raya. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, fungsi manajemen bimbingan dan konseling dalam konseling individual di SMKN 1 Mesjid Raya telah diatur dan disusun dengan sebaik mungkin dengan mempesiapkan segala teknik-teknik konseling individual, sedangkan hambatan yang dihadapi guru bimbingan konseling adalah belum memadainya ruangan bimbingan konseling dan sebagian siswa belum mengetahui arti pentingnya BK disuatu sekolah. Adapun upaya untuk mengatasi hambatan pelaksanaan konseling individual yaitu terus meningkatkan pelaksanaan konseling individual yang lebih baik dan melakukan kerja sama dengan pihak yang terkait dan harus bisa menggali masalah yang dihadapi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Ismail Anshari, MA 2. M. Faisal, S.Ag
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen, Bimbingan, Konseling, Individual
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rauzaton Jannah
Date Deposited: 21 Jun 2018 08:34
Last Modified: 24 Sep 2018 05:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3565

Actions (login required)

View Item
View Item