Efektifitas Strategi Pembelajaran Everyone Is A Taecher Here dengan Menggunakan Media Animasi terhadap Hasil Pelajar Siswa pada Materi Koloid di Kelas XI IPA SMAN 1 Lembah Selawah

Mulyani, 291324994 (2018) Efektifitas Strategi Pembelajaran Everyone Is A Taecher Here dengan Menggunakan Media Animasi terhadap Hasil Pelajar Siswa pada Materi Koloid di Kelas XI IPA SMAN 1 Lembah Selawah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Strategi Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Strategi Pembelajaran)
Mulyani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Lembah Seulawah siswa masih lemah dalam menguasai materi kimia khususnya pada materi koloid dan belum seluruh siswa mencapai KKM. Adapun faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah metode dan media yang digunakan dalam pembelajran. Selama ini guru belum pernah menggunakan media dalam pembelajaran, seperti menggunakan media berbasis komputer, guru masih sering menggunakan strategi dengan metode ceramah dan tanya jawab. Salah satu strategi yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa adalah dengan penggunaan strategi Everyone Is A Teacher Here dengan menggunakan Media Animasi yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi Koloid. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan strategi Everyone Is A Teacher Here dengan menggunakan Media Animasi dan respon siswa terhadap strategi Everyone Is A Teacher Here dengan menggunakan Media Animasi pada materi koloid. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembah Seulawah, sedangkan sampel dalam penelitian ini juga siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembah Seulawah yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan pemberian soal tes yang berupa soal Pre-test dan Pos-test masing-masing berjumlah 15 butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan persentase hasil respon siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa: hasil belajar siswa pada materi koloid dengan uji-t yaitu thitung˃ ttabel atau 11,31 ˃ 2,02 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pesentase hasil analisis respon siswa terhadap penggunaan strategi Everyone Is A Teacher Here dengan menggunakan Media Animasi pada materi koloid diperoleh hasil persentase yang menyatakan “Ya” 89,63% dan yang menyatakan “tidak” 10,35%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tertarik terhadap strategi Everyone Is A Teacher Here dengan menggunakan Media Animasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Everyone Is A Teacher Here dengan menggunakan Media Animasi dapat diterapkan pada matari kimia Koloid karena dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa dan respon siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Ir. Amna Emda, M.Pd 2.Rusydi, S.T., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Everyone Is A Taecher Here, Media Animasi, Koloid, Efektivitas Dan Respon Sisiwa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mulyani Kodin
Date Deposited: 23 Apr 2018 02:30
Last Modified: 23 Apr 2018 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3579

Actions (login required)

View Item
View Item