Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Tema Benda-benda di Lingkungan Sekitar di Kelas V MIN I Kota Banda Aceh

Asril, 201223489 (2018) Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Tema Benda-benda di Lingkungan Sekitar di Kelas V MIN I Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Pendekatan Saintifik]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Pendekatan Saintifik)
Asril.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan MIN I Kota Banda Aceh, berdasarkan hasil observasi didapatkan bahwa kurangnya interaksi antara guru dan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Guru tidak menggunakan media ataupun model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk mampu meningkatkan hasil belajar yang lebih baik. Padahal di sekolah ini sudah menerapkan sistem pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam penerapan pendekatan saintifik dengan media audio visual pada Tema Benda-benda di lingkungan Sekitar Kelas V MIN 1 Kota Banda Aceh, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan pendekatan saintifik dengan media audio visual pada Tema Benda-benda di lingkungan Sekitar Kelas V MIN 1 Kota Banda Aceh dan (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik dan media audio visual pada Tema Benda-benda di lingkungan Sekitar Kelas V MIN 1 Kota Banda Aceh. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah berjumlah 45 siswa kelas V MIN I Kota Banda Aceh. Berdasarkan hasil analsis data didapatkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru secara keseluruhan adalah 55,55 pada kategori Sangat Kurang dan nilai rata-rata aktivitas siswa secara keseluruhan adalah 54,54 pada kategori Sangat Kurang. Sedangkan hasil belajar siswa didapatkan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan 52,22. Siklus II aktivitas Guru keseluruhan diperoleh 80,0 yaitu pada kategori Cukup dan nilai rata-rata secara keseluruhan aktivitas siswa adalah 78,18 pada kategori Cukup, ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata adalah 69,88. Sehingga siklus III aktivitas guru nilai rata-rata secara keseluruhan adalah 93,33 pada kategori Sangat Baik dan Aktivitas siswa nilai rata-rata secara keseluruhan aktivitas siswa adalah 89,09 pada kategori Baik. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-ratanya adalah 78,44. Sehingga terlihat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa persiklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Azhar, M.Pd 2.Daniah, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Sainstifik, Media Audio Visual, Wujud Benda dan Cirinya
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asril nasrudin
Date Deposited: 23 Apr 2018 09:58
Last Modified: 23 Apr 2018 09:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3611

Actions (login required)

View Item
View Item