Penggunaan Media Pembelajaran Torso pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI untuk Meningkatkan Motivasi dan hasil Belajar Siswa di MAN Tangse Kabupaten Pidie

Puput Hafsari, 281324934 (2018) Penggunaan Media Pembelajaran Torso pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI untuk Meningkatkan Motivasi dan hasil Belajar Siswa di MAN Tangse Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
PUPUT HAFSARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas XI di MAN Tangse Kabupaten Pidie pada materi sistem ekskresi sangat rendah, sehingga berdampak pada nilai yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran torso materi sistem ekskresi. Rancangan penelitian menggunakan quasi eksperimen yaitu non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 4 kelas dan 125 siswa, sampel yang diambil adalah kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa yang pengambilan sampelnya secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes, sedangkan instrumennya menggunakan lembar observasi dan soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase untuk motivasi belajar siswa dan uji t untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas kontrol adalah 50% tergolong kategori rendah dan kelas eksperimen adalah 81% tergolong kategori sangat tinggi, namun peningkatan motivasi kelas kontrol lebih tinggi yaitu 8% dan kelas eksperimen 6%. Hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media torso lebih tinggi dari pada kelas yang tidak menggunakan media torso, dimana thitung ≥ ttabel yaitu 5,674 ≥ 1,671. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MAN Tangse antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Nursalimi Mahdi, M.Ed.,S.T; 2. Eva Nauli Taib, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media torso, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Puput Hafsari
Date Deposited: 25 Apr 2018 08:26
Last Modified: 25 Apr 2018 08:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3631

Actions (login required)

View Item
View Item