Evaluasi Kepuasan Pengguna terhadap Layanan Perpustakaan Keliling melalui Kajian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Selatan

Ahmad Ricky Baidhawi, 531102601 (2017) Evaluasi Kepuasan Pengguna terhadap Layanan Perpustakaan Keliling melalui Kajian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kajian IKM terhadap Layanan Perpustakaan Keliling]
Preview
Text (Kajian IKM terhadap Layanan Perpustakaan Keliling)
Skripsi Ahmad Ricky Baidhawi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of From B dan Form D.pdf]
Preview
Text
From B dan Form D.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Layanan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (DPDK) Kabupaten Aceh Selatan sebagai pelayanan publik belum pernah melakukan evaluasi indeks kepuasan masyarakat/pemustaka. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kepuasan siswa terhadap layanan perpustakaan keliling DPDK Aceh Selatan melalui IKM di Kecamatan Samadua, Kluet Timur, Labuhanhaji, dan Meukek, kendala yang dihadapi Dinas DPDK Kabupaten Aceh Selatan dalam menyelenggarakan layanan perpustakaan keliling, dan upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi kendala dalam menyelenggarakan pelayanan perpustakaan keliling di sekolah-sekolah tersebut diatas. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi yaitu menggabungkan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang dijadikan sebagai sarana pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner (angket), dan wawancara. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 153 orang yang diambil dengan metode purposive sampling. Dari hasil penelitian didapatkan nilai indeks kepuasan siswa terhadap 14 indikator IKM pada layanan Perpustakaan Keliling DPDK Kabupaten Aceh Selatan secara umum berada pada kategori baik dengan nilai IKM 3,037 dan nilai konversi IKM 75,925 sehingga penafsiran interprestasinya tergolong baik dengan mutu layanan B. Namun ada 2 indikator unit layanan perpustakaan keliling mendapatkan nilai dengan kategori kurang baik, sehingga perlu perbaikan di setiap unit layanan tersebut. Kendala utama yang dihadapi DPDK Kabupaten Aceh Selatan dalam menyelenggarakan layanan perpustakaan keliling di sekolah-sekolah adalah kurangnya kendaraan mobil perpustakaan keliling dan kurangnya SDM yang profesional. Upaya yang perlu dilakukan DPDK untuk mengatasi kendala dalam menyelenggarakan pelayanan perpustakaan keliling di sekolah-sekolah adalah menambah kendaraan mobil perpustakaan keliling, meningkatkan SDM pustakawan yang profesional, dan menambah koleksi bacaan yang baru dan menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Zubaidah, M.Ed 2. Suraiya, M.Pd
Uncontrolled Keywords: indeks kepuasan masyarakat, perpustakaan keliling
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.4 Perpustakaan Umum
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Ahmad Ricky Baidhawi
Date Deposited: 30 Apr 2018 08:32
Last Modified: 30 Apr 2018 08:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3644

Actions (login required)

View Item
View Item