Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Pemanfaatan Media Tiga Dimensi pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V MIN 3 Aceh Besar

Mulyana Angrena, 201325087 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Pemanfaatan Media Tiga Dimensi pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Pemanfaatan Media Tiga Dimensi]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Pemanfaatan Media Tiga Dimensi)
Mulyana Angrena.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (940kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini masih sangat kurang, baik dalam hal aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Dari hasil observasi di kelas V MIN 3 Aceh Besar menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan pada kegiatan belajar mengajar seperti guru masih kurang tepat dalam memilih model pembelajaran dan masih terbatas dalam mengembangkan media pembelajaran dengan baik seperti membuat media tiga dimensi (gambar tiruan). Hal ini menyebabkan siswa bosan dan jenuh dalam kegiatan pembelajaran. Model think pair share atau berfikir berpasangan berbagi adalah jenis pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Sedangkan media tiga dimensi adalah suatu alat peraga yang berfungsi untuk mempermudah proses belajar siswa yang dapat berwujud sebagai benda tiruan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar siswa dengan penerapan model think pair share dengan pemanfaatan media tiga dimensi pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V MIN 3 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V-B MIN 3 Aceh Besar yang berjumlah 34 siswa dengan KKM Individual 70% dan klasikal 80%. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan (l) Lembar observasi (2) soal pre tes dan pos tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 2,91, meningkat pada siklus II yaitu 3,58 (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 2,41, meningkat pada siklus II yaitu 3,20. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 41.17%, meningkat pada siklus II yaitu 88,23 %. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran think pair share dengan pemanfaatan media tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa Kelas V-B MIN 3 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Muslim RCL, S.H, M.Ag 2.Daniah, S.Si, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share, Media Tiga Dimensi, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MUlyana Angrena
Date Deposited: 02 May 2018 02:06
Last Modified: 02 May 2018 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3728

Actions (login required)

View Item
View Item