Pengaruh Penggunaan Model Experiential Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Hukum Newton tentang Gerak di SMAN 2 Timang Gajah

Oki Riano, 251222843 (2018) Pengaruh Penggunaan Model Experiential Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Hukum Newton tentang Gerak di SMAN 2 Timang Gajah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
OKI RIANO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada pembelajaran fisika khususnya materi hukum Newton tentang gerak ditemukan hasil belajar siswa di SMAN 2 Timang Gajah masih rendah, disebabkan karena guru jarang melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan eksperimen pada waktu proses belajar mengajar berlangsung, sehingga membuat siswa merasa bosan dan jenuh. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model Experiential Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Experiential Learning terhadap hasil belajar dan respon siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen design, yang melibatkan kelas kontrol X-A2 yang berjumlah 28 siswa dan kelas eksperimen X-A1 yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan respon dalam bentuk angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari hasil respon siswa menggunakan analisa deskriptif (persentase). Berdasarkan hasil perhitungan dari uji statistik menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel yaitu 3,47 > 2,00 untuk taraf signifikan 95% atau ⍺ = 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak atau Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif penggunaan model Experiential Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum Newton tentang gerak di SMAN 2 Timang Gajah. Hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar posttest siswa pada kelas eksperimen 77,34% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 69%. (2) dari hasil respon siswa terhadap penggunaan model Experiential Learning dengan pernyataan positif kriteria Sangat Setuju (SS) 52,41% dan Setuju (S) 43,38%, sedangkan pada pernyataan negatif kriteria Sangat Tidak Setuju (STS) 45,4% dan Tidak Setuju (TS) 50,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ridhwan, M.S; 2. Mulyadi Abdul Wahid, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Experiential Learning, Hukum Newton, dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Oki Riano
Date Deposited: 02 May 2018 08:53
Last Modified: 02 May 2018 08:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3751

Actions (login required)

View Item
View Item