Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Konsep Gerak Lurus di Kelas X SMA Negeri 1 Mesjid Raya

Riswandi Sahputra, 251324499 (2018) Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Konsep Gerak Lurus di Kelas X SMA Negeri 1 Mesjid Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Pembelajaran, Animasi]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran, Animasi)
RISWANDI SAHPUTRA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar, guru di SMA tersebut khususnya guru mata pelajaran fisika masih dominan menggunakan metode ceramah, metode diskusi dan minim menggunakan media. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan media animasi dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada konsep gerak lurus di kelas X SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar serta untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap penerapan media animasi. Rancangan penelitian adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitiannya Pretest and Posttest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA semester 1 SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar dan sampel diambil secara Purposive Sampling yaitu kelas X MIA 1 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan soal tes dan angket. Berdasarkan hasil statistik-t diperoleh bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 2,03  1.67. Jadi dapat disimpulkan dengan menerapkan Media Animasi dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada konsep gerak lurus di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Respon peserta didik terhadap penerapan media animasi dengan pernyataan positif yang menjawab dengan kriteria sangat setuju (SS) 53,1% dan setuju (S) 37,6% sedangkan pada pernyataan negatif yang menjawab dengan kriteria sangat tidak setuju (STS) 53,5% dan tidak setuju (TS) 35,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Bukhari, S.Si, M.T; 2. Eki Yuliyanti, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Pemahaman, Gerak Lurus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Riswandi Sahputra
Date Deposited: 08 May 2018 09:12
Last Modified: 08 May 2018 09:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3809

Actions (login required)

View Item
View Item