Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP/MTs.

Muhammad Noer Fajri, 261324659 (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pemecahan Masalah]
Preview
Text (Membahas tentang Pemecahan Masalah)
MUHAMMAD NOER FAJRI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika khususnya soal berbentuk pemecahan masalah masih tergolong rendah. Kurikulum 2013 menuntut peserta didik harus mampu berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, serta untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya pun menuntut pada pendekatan saintifik. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah adalah model Problem Based Instruction (PBI). Hasil studi awal menunjukkan bahwa hanya satu sekolah di Banda Aceh dan Aceh Besar yang menerapkan model PBI. Proses pembelajaran yang menekankan pada pendekatan saintifik menuntut peserta didik lebih aktif. Namun, dalam proses pembelajaran kesulitan yang dialami peserta didik sering tidak diketahui dengan baik oleh guru, karena proses pembelajaran yang dilakukan di kelas kurang memberi informasi tentang kesulitan yang dialami peserta didik. Melalui PBI yang dilakukan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran yang membantu peserta didik agar lebih aktif serta mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based Instruction untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengacu pada model PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Intruksional) yang terdiri dari 5 tahapan yaitu merumuskan
tujuan pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, menentukan kegiatan belajar-mengajar, merencanakan program kegiatan belajar-mengajar. Validitas perangkat divalidasi oleh 5 validator yang terdiri dari satu orang widiaiswara, dua orang dosen matematika, satu orang praktisi yaitu guru Matematika SMP, dan satu orang teman sejawat dibidang matematika. Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor rata-rata validator untuk RPP 4,4, LKPD 4,11, materi ajar 3,7, dan lembar evaluasi 3,76 dikategorikan baik. Sedangkan untuk kepraktisan perangkat, dengan menghitung nilai kappa dari respon guru I dan II yaitu 0,41 yang menunjukkan persepsi antara kedua guru terhadap perangkat yang dikembangkan berada pada kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model PBI memenuhi kriteria valid dan praktis. Dengan demikian, guru dan peserta didik dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M. Kes 2. Susanti, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Problem Based Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Noer Fajri
Date Deposited: 09 May 2018 08:31
Last Modified: 09 May 2018 08:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3816

Actions (login required)

View Item
View Item