Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatka Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di Kelas VIII SMPN 8 Banda Aceh

Dessy Masyithah, 281223217 (2018) Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatka Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di Kelas VIII SMPN 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
DESSY MASYITHAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi yang berlangsung selama ini di SMPN 8 Banda Aceh masih berpusat pada guru dan selama ini guru menggunakan metode konvesional dalam proses pembelajaran, sehingga aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui aktivitas (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode tutor sebaya pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMPN 8 Banda aceh. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dan desain penelitian yang digunakan desain One Group Pre-test Post-test. (1) Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VIII SMPN 8 Banda aceh dan (2) sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 yang berjumlah 21 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan (1) observasi aktivitas siswa dan (2) tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan I 82,5%, pertemuan II 87,5% tergolong sangat aktif, hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pre-test 38,6% dan nilai rata-rata post-test 78,6%, analisis data diperoleh thitung =15,48, ttabel =1,72, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa yang menggunakan metode tutor sebaya tergolong sangat aktif dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode tutor sebaya mengalami peningkatan yang signifikan dari nilai rata-rata pre-test 38,6% menjadi nilai rata-rata post-test 78,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Anton Widyanto, M.Ag., Ed.S; 2. Eriawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Tutor Sebaya, Aktivitas dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dessy Masyithah
Date Deposited: 09 May 2018 08:01
Last Modified: 09 May 2018 08:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3824

Actions (login required)

View Item
View Item