Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Virus Kelas X Man 4 Aceh Besar

Nur Mailizar, 281 223 158 (2018) Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Virus Kelas X Man 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl)]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl))
Nur Mailizar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Kondisi pembelajaran Biologi di MAN 4 Aceh Besar selama proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi terlihat dari aktivitassiswa hanya melihat dan mendengarkan penjelasan dari guru karena guru hanya menggunakan metode konvensional, kondisi tersebut berpengruh terhadap hasil belajar siswa yang tidak mencukupi KKM.Mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan berbagaimodel pembelajaran yang sesuai dengan materi sehinggaaktivitasdanhasil belajar siswa dapat ditingkatkan.Salah satunya dengan penerapan modelProblem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiaktivitasdan hasil belajarsiswa pada materi virus dengan menggunakan modelProblem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimentdengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X IPA MAN 4 Aceh Besar yang berjumlah 3kelas, dengan sampel siswa kelas X IPA2 sebagaikelaskontroldan X IPA3 sebagaikelasekperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen tergolong aktif yaitu 74,69%, sedangkan aktivitas siswa di kelas kontrol tergolong aktif yaitu 54,37% lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen. Analisis hasil belajar diperoleh thitung>ttabel (3,00>2,00) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) padamateri Virus di MAN 4 Aceh Besar dapatmeningkatkanaktivitas dan hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Samsul Kamal, M. Pd 2.Eva Nauli Taib, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Mailizar
Date Deposited: 14 May 2018 08:08
Last Modified: 14 May 2018 08:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3859

Actions (login required)

View Item
View Item