Penggunaan Media Alat Peraga pada Materi Sistem Transportasi di SMPN 7 Banda Aceh

Sarah Sapnaranda, 281324925 (2017) Penggunaan Media Alat Peraga pada Materi Sistem Transportasi di SMPN 7 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of penggunaan media alat peraga pada materi sistem transportasi]
Preview
Text (penggunaan media alat peraga pada materi sistem transportasi)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang berperan untuk mencapai tujuan dalam proses pembelajaran adalah penggunaan media. Selain menjadi perantara, media juga berperan sebagai penyampai pesan pembelajaran yang diberikan oleh guru sehingga dapat diterima secara baik oleh peserta didik. Media pembelajaran tidak hanya berupa buku cetak atau gambar, tetapi bisa juga dengan alat salah satunya alat peraga. Akan tetapi kenyataannya, guru biologi SMPN 7 masih kurang mengkombinasikan media pendukung selain media cetak. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang memahami materi yang abstrak dan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap penggunaan media alat peraga dan apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan dengan kelas yang tidak menggunakan media alat peraga pada materi sistem transportasi. Rancangan penelitian menggunakan metode quasi experimental yaitu non equivalent control group design. Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMPN 7 Banda Aceh yang berjumlah 7 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII4 yang berjumlah 25 dan VIII3 berjumlah 26 peserta didik. Pengumpulan data melalui angket untuk mengetahui respon peserta didik dan pre-test post-test untuk mengetahui hasil belajar. Analisis respon peserta didik menggunakan rumus persentase, sedangkan hasil belajar menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data diketahui bahwa respon peserta didik tergolong kategori sangat baik sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan media alat peraga pada materi sistem transportasi dengan hasil belajar 81 diperoleh kelas eksperimen dan 74,8 di kelas kontrol dimana thitung sebesar 2,881 dan nilai ttabel 1,6. Maka, diperoleh kesimpulan apabila respon peserta didik baik maka hasil belajar peserta didik meningkat.

Kata Kunci : Media, Alat Peraga, Respon, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed., St 2. Nurlia Zahara, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Alat pelaraga, media pembelajaran, Sistem Transportasi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Sarah Sapnaranda
Date Deposited: 19 Aug 2017 01:27
Last Modified: 22 Aug 2017 09:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item
View Item