Pengaruh Metode Reward dan Punishment terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Pondok Pesantren Inshafuddin Banda Aceh

Munawir Khalil, 210918946 (2016) Pengaruh Metode Reward dan Punishment terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Pondok Pesantren Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Motivasi Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Motivasi Belajar Siswa)
Munawir Khalil.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren Inshafuddin Banda Aceh adalah satu lembaga pendidikan formal dan merupakan pesantren modern yang menggunakan metode reward and punishment dalam memotivasi siswanya untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya. Pondok pesantren Inshafuddin Banda Aceh menggunakan jam belajar pagi, siang dan juga malam, tentu siswa akan merasa bosan dan jenuh berada dalam ruangan. Penerapan metode ini bukan hanya diterapkan pada jam belajar saja, akan tetapi penerapannya berlaku 1x24 jam. Jadi, bisa dikatakan siswa maupun siswi selalu diawasi oleh metode reward dan punishment. Hal inilah yang menjadi pendorong peneliti untuk membahas hal tersebut dalam judul: “Pengaruh Metode Reward And Punishment Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Pondok Pesantren Inshafuddin Banda Aceh”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke lapangan penelitian untuk memperoleh data yang diperlukan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengaruh metode reward dan punishment terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di pondok pesantren Inshafuddin Banda Aceh?; dan (2) apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode reward dan punishment di pondok pesantren Inshafuddin Banda Aceh?. Untuk memperoleh data terhadap permasalahan tersebut, peneliti menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Penelitian lapangan ini dilakukan di kelas XI IPA, XI IPS, dan XII IPA yang terdiri dari 25 orang siswa. Dari analisis data yang ada dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode reward dan punishmen ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan 96% siswa termotivasi dan dapat dikategorikan sangat termotivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Musa M. Ali, M.Ag 2. Al Juhra, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Reward and Punishment, Belajar, Motivasi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 23 May 2018 03:16
Last Modified: 23 May 2018 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3918

Actions (login required)

View Item
View Item