Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V MIN 3 Banda Aceh

Masyithah, 201325196 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V MIN 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning)
Masyithah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Kurangnya kemampuan peseta didik dan rendahnya hasil belajar peserta didik terhadap pemecahan masalah matematika dalam memecahkan soal cerita materi perbandingan sehingga mengakibatkan kurangnya kualitas pembelajaran. Hal ini terlihat berdasarkan hasil observasi di kelas V MIN 3 Banda Aceh sehingga peneliti membuat sebuah penelitian yang menggunakan model problem based learning. Penggunaan model problem based learning menjadi salah satu alternatif, untuk dapat mengatasi masalah tersebut, khususnya pada materi perbandingan di kelas V MIN 3 Banda Aceh. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana kemampuan guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa terhadap penerapan model problem based learning pada mata pelajaran matematika kelas V MIN 3 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pelajaran matematika, serta peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning pada pelajaran matematika di kelas V MIN 3 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V-B MIN 3 Banda Aceh yang berjumlah 39 siswa dengan KKM individual 75 dan klasikal 80%, sedangkan pengumpulan data menggunakan : lembar observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru pada siklus I yaitu 67%, meningkat pada siklus II yaitu 78% dan meningkat pada siklus III yaitu 94%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 67%, meningkat pada siklus II yaitu 76%, dan meningkatkan pada siklus III yaitu 90%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 49%, meningkat pada siklus II yaitu 74%, dan meningkat pada siklus III yaitu 87%. Bersarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model problem based learning kemampuan guru dapat meningkat, siswa lebih aktif, dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika pada kelas V MIN 3 Banda Aceh lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Prof. Dr. M. Nasir Budiman, M.A 2.Nida Jarmita, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Problem Based Learning
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Masyithah Abdul Rahman
Date Deposited: 23 May 2018 01:32
Last Modified: 23 May 2018 01:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3921

Actions (login required)

View Item
View Item