Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R dengan Media Komik Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kingdom Animalia di SMA Negeri 1 Lhoknga Aceh Besar

Neneng Afrida, 281324906 (2017) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R dengan Media Komik Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kingdom Animalia di SMA Negeri 1 Lhoknga Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Strategi pembelajaran PQ4R Media Komik]
Preview
Text (Membahas Tentang Strategi pembelajaran PQ4R Media Komik)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kendala dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Lhoknga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya kemauan membaca serta penggunaan media yang belum sesuai dengan materi. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review) yang dikombinasikan dengan media komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran PQ4R dengan media komik pada materi kingdom animalia di SMA Negeri 1 Lhoknga Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test non equivalent group. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sehingga didapatkan dua kelas yaitu, kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi dan tes. Teknik analisis data aktivitas siswa dengan menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar siswa dilakukan dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen yang dibelajarkan strategi belajar PQ4R dan media komik tergolong kategori baik (65,90%). Sedangkan hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran PQ4R yang dikombinasikan media komik lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran secara konvensional, dimana thitung > ttabel 3,029 >1,701. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PQ4R dengan media komik berpengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Filum Platyhelminthes di SMA Negeri 1 Lhoknga Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Samsul Kamal, M.Pd 2.Elita Agustina, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran PQ4R, media komik, hasil belajar, aktivitas belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: neneng neneng dayat
Date Deposited: 17 Aug 2017 01:13
Last Modified: 22 Feb 2018 07:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item
View Item