Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Hukum Newton di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar

Farihan. S, 251222770 (2017) Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Hukum Newton di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Metode Eksperimen]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Metode Eksperimen)
Farihan.S.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Pencapaian nilai KKM peserta didik SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar khususnya dalam pelajaran fisika belum mencapai hasil yang diinginkan oleh karena itu penelitian ini akan menguji penggunaan metode eksperimen pada konsep hukum newton untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode eksperimen pada konsep hukum newton di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar; 2) Mengetahui respon peserta didik terhadap metode eksperimen pada konsep hukum newton di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Jenis Penelitian ini adalah true eksperimental dengan pretest-posttest control group design yang melibatkan kelas eksperimen (X-MIA3) dan kelas kontrol (X-MIA1). Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan soal tes dan angket (kusioner). Hasil tes dianalisis dengan rumus uji t sedangkan angket dianalisis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik dan terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas X-MIA3 yang diajarkan menggunakan metode eksperimen dengan kelas X-MIA1 yang tidak menggunakan metode eksperimen; 2) Angket respons peserta didik, yang menjawab sangat setuju 27 % ditambah setuju 55 % adalah 82% dan tidak setuju 13 % ditambah sangat tidak setuju 5 % adalah 18. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan metode eksperimen lebih baik dari hasil belajar peserta didik dengan tidak menggunakan metode eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Marzuki, M. SI 2.Arusman, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Konsep Hukum Newton
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Farihan. S
Date Deposited: 31 May 2018 03:04
Last Modified: 31 May 2018 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3985

Actions (login required)

View Item
View Item