Penerapan Metode Eksperimen dan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMA 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah

Heti Rahmiyati, 281 324 834 (2018) Penerapan Metode Eksperimen dan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMA 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Metode Eksperimen]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Metode Eksperimen)
Heti Rahmiyati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran biologi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Peran guru dalam mengembangkan metode-metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif, sehingga siswa tidak pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode eksperimen dan media audio visual pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMAN 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Random Pre-test, Post-test. Populasi dalam penelitian ini, seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Timang Gajah, yang terdiri dari XIA1, XIA2, XIA3, XIA4. Sampel dalam penelitian adalah XIA2 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan XIA3 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan (observasi aktivitas siswa) dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data aktivitas siswa kelas eksperimen pada pertemuan I 75,90% (baik), pertemuan II 94,52% (sangat baik). Sedangkan kelas kontrol memperoleh skor pertemuan I 71,61% (baik) dan pertemuan II 76.76% (baik). Hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai ratarata lebih tinggi yaitu 85,50, dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata 69,75. Hasil analisis uji-t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Nurasiah, M. Pd 2.Lina Rahmawati, M. Si
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Media Audio Visual, Aktivitas, Hasil Belajar, Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Heti Rahmiyati
Date Deposited: 31 May 2018 02:24
Last Modified: 31 May 2018 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item
View Item