Penerapan Teknik Probing-Prompting untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Moni Upita, 261324566 (2018) Penerapan Teknik Probing-Prompting untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Teknik Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Teknik Pembelajaran)
MONI UPITA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang penting, karna melalui pemahaman konsep siswa dapat mengorganisasi dan mengaplikasikan pemahaman konsep yang telah diperolehnya. Selanjutnya kemampuan tersebut akan membawa siswa pada pemahaman yang mendalam tentang konsep matematika yang telah dipelajarinya. Namun pada kenyataannya siswa mengalami masalah dengan pemahaman konsep, karena rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan teknik pembelajaran probing prompting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran teknik probing prompting lebih baik dari pada mengikuti pembelajaran konvensional dan mengetahui Pemahaman Konsep Matematika siswa dengan mengikuti Pembelajaran teknik Probing Prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan teknik Probing-Prompting lebih baik dari pada pembelajaran konvensional dan Pemahaman Konsep Matematika siswa yang mengikuti Pembelajaran teknik Probing Prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen pretest-posttest control desaign. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas X SMA N 1 Mesjid Raya tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampelnya dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Dengan hasil penelitian digunakaanlah statistik uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil pengolahan tersebut diperoleh thitung =3,25 dan ttabel =1,665 maka t_hitung>t_tabel sehingga terima H1, dan dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA N 1 Mesjid Raya yang diajarkan dengan teknik pembelajaran Probing Prompting lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dan Pemahaman Konsep Matematika siswa yang mengikuti Pembelajaran teknik Probing Prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Lukman Ibrahim, M. Pd; 2. Khairatul Ulya, S,Pd.I., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, metode Pembelajaran, Pendidikan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Moni Upita
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:13
Last Modified: 04 Jun 2018 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4017

Actions (login required)

View Item
View Item