Penerapan Model Kooperatif Tipe Course Review Horey (CRH) pada Materi Pecahan di Kelas VII SMPN 2 Trumon Timur Aceh Selatan

Fajrianti, 261324594 (2017) Penerapan Model Kooperatif Tipe Course Review Horey (CRH) pada Materi Pecahan di Kelas VII SMPN 2 Trumon Timur Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
FAJRIANTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang terlaksana di SMPN 2 Trumon Timur masih berpusat pada guru, dimana guru hannya menjelaskan, memberi contoh soal dan meminta siswa mengerjakan latihan. Sihingga berdampak hasil belajar siswa tidak memuaskan bahkan masih ada yang belum mencapai KKM yang telah di tentukan disekolah tersebut. Oleh karena itu guru seharusnya berupaya menerapkan model pembelajaran yang lebih banyak melibatkan siswa secara aktif dan proses pembelajaran, diantaranya yaitu penerapan model kooperatif tipe course review horray pada materi pecahan. Dengan pertanyaan peneliti (1) apakah hasil belajar siswa setelah penerapan model kooperatif tipe coures review horray lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran langsung, (2) apakah dengan penerapan model kooperatif tipe course review horray pada materi pecahan dapat menuntaskan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Trumon Timur. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa SMPN 2 Trumon Timur lebih baik setelah penerapan model kooperatif tipe course review horey, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa SMPN 2 Trumon Timur setelah penerapan model kooperatif tipe course review horray. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah adalah Quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan model kooperatif tipe course review horray sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran langsung. Data yang dikumpulkan melalui data soal pretest dan data soal postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa setelah penerapan model kooperatif tipe course review horray lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung, (2) setelah penerapan model kooperatif tipe course review horray pada kelas eksperimen nilai rata-rata siswa melebihi KKM yang sudah ditentukan di sekolah tersebut, itu artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen tuntas secara klasikal. Dengan demikian penerapan model kooperatif tipe course review horray pada materi pecahan sangat baik digunakan di kelas VII SMP Negeri 2 Trumon Timur Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Yacoeb M.Pd; 2. Lasmi, S. Si., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran, Pendidikan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fajrianti Razeni
Date Deposited: 21 Jun 2018 08:10
Last Modified: 21 Jun 2018 08:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4019

Actions (login required)

View Item
View Item