Penerapan Model Make a Match terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN 3 Aceh Besar

Rita Ananda, 201325150 (2018) Penerapan Model Make a Match terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Rita Ananda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di lapangan bahwa permasalahan yang terjadi di kelas IV MIN 3 Aceh Besar, adalah motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS masih rendah dan perlu ditingkatkan dengan cara menerapkan model pembelajaran yang tepat. Pendekatan yang sering digunakan adalah pendekatan belajar mengajar masih berpusat pada guru, sehingga proses pembelajaran menjadi membosankan dan siswa kurang termotivasi. Melihat kondisi yang demikian Pengguaan model haruslah tepat dalam mengajar. Disini Penulis akan mencoba menerapkan model make a match yang bertujuan agar penulis mampu memotivasi, menumbuhkan minat belajar dan rasa percaya diri siswa dalam meningkatkan ketuntasan belajar siswa serta mengurangi kesenjangan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa melalui model make a match dengan tidak menggunakan model Make a Match pada pembelajaran IPS kelas IV MIN 3 Aceh Besar”. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui Apakah ada peningkatan Motivasi belajar siswa melalui Model Make a Match dengan tidak menggunakan model Make a Match pada pembelajaran IPS kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Metode eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttes control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Sampel penelitian diambil menggunakan tehnik Simple Random Sampling sehingga diperoleh kelas IVa yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVb yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pre-test dan post-test dan lembar angket Analisis data menggunakan uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil rata-rata posttest kelas eksperimen 82,07 berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor posttest kelas kontrol 69,36.Hasil penelitian diperoleh dengan thitung > ttabel yaitu 20,355 > 1,670. Sehingga hipotesis Ha diterima yang disimpulkan bahwa penggunaan model make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa kelas IV MIN 3 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof. Dr. M. Nasir Budiman, M.A; 2. Al Juhra, S.Sos. I, M. Si
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Pembelajaran, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rita Ananda
Date Deposited: 06 Jun 2018 03:45
Last Modified: 06 Jun 2018 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item
View Item