Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MIN 40 Aceh Besar pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi

Kiki Andriana, 201325171 (2018) Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MIN 40 Aceh Besar pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Kiki Andriana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang penulis temukan di MIN 40 Aceh Besar. Permasalahan tersebut diperoleh dari hasil observasi penulis di lapangan di mana pembelajaran yang dilakukan kurang maksimal diperoleh gambaran proses pembelajaran yaitu, kurang partisipasi dan kurangnya komunikasi atau berbicara kepada guru sehingga pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kemudian dilihat dari hasil belajar selama ini yang tercermin dari hasil ulangan siswa pada pembelajaran IPA, masih tergolong rendah dengan rata-rata 67, dibawah Kriteria Ketuntutan Minimum (KKM) sedangkan nilai KKM yang ditetapkan oleh MIN 40 Aceh Besar adalah 70. Melihat kondisi yang demikian. Penulis akan mencoba menerapkan metode Mind Mapping bertujuan agar penulis mampu memotivasi, menumbuhkan minat belajar dan rasa percaya diri siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta mengurangi kesenjangan hasil belajar siswa. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru dalam penerapan metode mind mapping (2) Bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan metode Mind Mapping pada siswa kelas IV MIN 40 Aceh Besar? (3) Apakah ada Peningkatan dan Perbedaan hasil belajar siswa dalam menerapkan metode Mind Mapping dan tidak menggunakan metode Mind Mapping pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi? Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa, tes berupa Pretest dan Posttest Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa di MIN 40 Aceh Besar. Hasil penelitian pada aktivitas guru diperoleh 90,17% dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa kelompok eksperimen diperoleh 88,40% dengan kriteria sangat baik dan aktivitas siswa kelompok kontrol diperoleh 74,10% dikategorikan baik. Hasil belajar siswa diketahui bahwa skor rata-rata pre-test siswa kelompok eksperimen 56,42 sementara nilai rata-rata siswa kelompok kontrol 53,57 sedangkan nilai rata-rata post-test siswa kelompok eksperimen sebesar 82,14 dan siswa kelompok kontrol sebesar 67,85. Dengan demikian metode Mind Mapping dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada derajat kebebasan dk = (n1 + n2 – 2), dk = (14 +14 – 2) = 26, jadi ttabel dengan dk = 26 dan taraf signifikan α = 0,05 untuk uji dua pihak diperoleh t(0,95) (26) = 1,70 dan diperoleh thitung = 4,30 jadi thitung ≥ ttabel yaitu: 4,30 ≥ 1,70, dengan demikian diterima. Sehingga diterima kebenaran bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping dan yang tidak menggunakan metode mind mapping pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi di kelas IV MIN 40 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Azhar, M. Pd; 2. Al Juhra, S.Sos,I, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Hasil Belajar, Berhemat Energi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kiki Andriana
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:30
Last Modified: 07 Jun 2018 04:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4024

Actions (login required)

View Item
View Item