Pesan-Pesan Dakwah melalui Iklan Media Luar Griya di Kota Banda Aceh

Firdaus, 411206622 (2018) Pesan-Pesan Dakwah melalui Iklan Media Luar Griya di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Dakwah]
Preview
Text (Membahas tentang Media Dakwah)
Firdaus.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf] Text
Form B dan Form D.pdf

Download (246kB)

Abstract

Pesan-pesan dakwah bisa disampaikan melalui berbagai media, misalnya menggunakan tulisan dan gambar dengan memanfaatkan media luar ruangan atau disebut juga dengan media luar griya. Media luar griya ini bisa dalam bentuk spanduk, baliho dan lainnya. Penyampaian pesan dakwah melalui iklan media luar griya sangat banyak dijumpai di kotakota besar, salah satunya di Kota Banda Aceh. Untuk itu, menarik untuk diketahui apa saja isi pesan dakwah dalam iklan media luar griya dan bagaimana bentuk dan desain pesan-pesan dakwah dalam iklan media luar griya di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan (field research). Data-data lapangan akan diolah dan dianalisa menggunakan metode deskriptif-analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan-pesan dakwah dalam iklan media luar griya di Kota Banda Aceh disesuaikan dengan momen tertentu, khususnya pesan-pesan yang berkaitan dengan hari-hari besar umat Islam. Isi pesan dakwah dalam iklan media luar griya di Kota Banda Aceh meliputi pesan tentang kewajiban melaksanakan puasa, seruan untuk berzikir plus ceramah, seruan untuk memakai pakaian busana muslim dan menutupi aurat, kewajiban zakat, sunnah wakaf dan umrah serta ada juga pesan tentang anjuran untuk Keluarga Berencana (KB) dalam upaya pembentukan keluarga sakinah.Pesanpesan dakwah dalam iklan media luar griya di Kota Banda Aceh dimuat dalam bentuk dan desain melalui dua desain umum, yaitu desain tulisan dan desain gambar. Desain tulisan terdiri dari headline,tagline, dan baseline. Sedangkan desain gambar digunakan dalam bentuk product shot. Product shot atau desain gambar ini disesuaikan dengan pesan dakwah yang diiklankan.Menurut masyarakat Kota Banda Aceh, pesan-pesan dakwah melalui iklan media luar griya cukup efektif. Sebab, secara langsung dapat memberi pelajaran bagi masyarakat, serta mengingatkan agar berbuat kebajikan, dan melaksanakan kewajiban seorang muslim di Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Zainuddin T., M.Ag; 2. Arif Ramdan S.sos,I., M.A
Uncontrolled Keywords: Pesan-Pesan, Dakwah, Iklan Media Luar Griya
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Firdaus Ahmad
Date Deposited: 08 Jun 2018 03:36
Last Modified: 08 Jun 2018 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4032

Actions (login required)

View Item
View Item