Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Suhu di MTsS Darussyari'ah Banda Aceh

Feri Irawan, 251020668 (2017) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Suhu di MTsS Darussyari'ah Banda Aceh. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Hasil Belajar Peserta Didik]
Preview
Text (Membahas tentang Hasil Belajar Peserta Didik)
Feri Irawan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh berbagai sekolah saat ini khususnya MTsS Darussyari’ah adalah peserta didik beranggapan Fisika itu tidak penting karena setelah menyelesaikan pendidikannya peserta didik tidak akan mengaplikasikan ilmu Fisika tersebut kedalam kehidupan sehari-harinya. Pendekatan pembelajaran CTL ini menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru, dimana guru menyampaikan materi pelajaran lebih bermakna melalui mengaitkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep suhu di MTsS Darussyari’ah Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTsS Darussyari’ah Banda Aceh, sementara sampel diambil hanya peserta didik kelas VIIA dan peserta didik kelas VIIB yang masing-masing berjumlah 15 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa soal pilihan ganda. Data tes dianalisis dengan statistik deskriptif yaitu dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil analisis data tes didapatkan bahwa nilai yaitu 5,14 > 1,70, artinya penekatan pembelajaran CTL berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil analisis data pada taraf signifikan α = 0,5 menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran CTL pada konsep suhu sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIIA MTsS Darussyari’ah Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Soewarno S, M. Si 2. Arusman, M. Pd
Uncontrolled Keywords: CTL, Hasil Belajar, Suhu
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Feri Irawan
Date Deposited: 08 Jun 2018 02:39
Last Modified: 08 Jun 2018 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4041

Actions (login required)

View Item
View Item