Pengaruh Metode Demontrasi terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Pesawat Sederhana di SMPN 2 Darul Hikmah Kabupaten Aceh Jaya

Susiyanti, 251222763 (2018) Pengaruh Metode Demontrasi terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Pesawat Sederhana di SMPN 2 Darul Hikmah Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Metode Demontrasi terhadap Kemampuan Kognitif siswa pada Materi Pesawat Sederhana]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Metode Demontrasi terhadap Kemampuan Kognitif siswa pada Materi Pesawat Sederhana)
Susiyanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Darul Hikmah Kabupaten Aceh Jaya pada pembelajaran fisika materi Pesawat Sederhana. Penelitian ini dilakukan oleh siswa kelas VII di SMPN 2 Darul Hikmah. Berdasarkan hasil observasi bahwa proses belajar mengajar masih dalam keaadaan kurang baik. Kemampuan penguasan materi yang dimiliki guru, sikap kecintaan pada profesinya dan ketrampilan dalam menyampaikan materi juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Pembelajaran tidak menciptakan situasi belajar yang membuat adanya interaksi antara guru dan siswa.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kognitif belajar siswa dengan menerapkan metode demonstrasi pada materi pesawat sederhana d SMPN 2 Darul Hikmah Kabupaten Aceh Jaya dan melihar respon siswa terhadap penerapan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Pra Eksperimen dengan desain Pre test dan Post test One Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 2 Darul Hikmah. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri hanya pada satu kelas. Sesuai dengan hasil penelitian didapatkan bahwa thitung > t1− berarti 20,21 > 1,71. Dengan demikian H0 ditolak atau Ha diterima, artinya adanya peningkatan kognitif belajar siswa yang diajarkan dengan metode demonstrasi. Sedangkan respon siswa diperoleh dengan persentase sangat setuju 64,07% ditambah dengan persentase setuju 29,99% adalah 94,06% . Sesuai dengan kriteria persentase respon siswa, maka dalam kategori 76-100% = Sangat Tertarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Ida Meutiawati, M.Pd 2.Prof.Dr.H. Jamaluddin Idris, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Kognitif Siswa dan Materi Pesawat Sederhana
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Susiyanti Adam
Date Deposited: 21 Jun 2018 08:10
Last Modified: 25 Jun 2018 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item
View Item