سيطرة الطلاب على المفردات في التعبير التحريرىبمعهددارالإحسان

Teuku Riswandi, 221323988 (2018) سيطرة الطلاب على المفردات في التعبير التحريرىبمعهددارالإحسان. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Peguasaan Mufradat Siswa dalam Menulis]
Preview
Text (Membahas tentang Peguasaan Mufradat Siswa dalam Menulis)
Teuku Riswandi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Mufradat murupakan salah satu unsur yang terpenting dalam pemakaian bahasa Arab dan penguasaannya. Fungsi mufradat dapat memudahkan dalam memahami bahasa Arab, sehingga mufradat memiliki peranan yang penting dalam pembelajaran bahasa asing. Demikian juga seseorang yang banyak mengetahui mufradat dalam bentuk teks Arab, dapat memahami teks dan mampu untuk menyusun jumlah kalimat bahasa Arab dengan cepat dan benar.
Dayah Ihsan merupakan salah satu dari pasantren yang mewajibkan bagi siswanya berbicara dalam bahasa Arab dan Inggris. Peneliti memperhatikan penguasaan hafalan mufradat siswa, tertapi mereka tidak mampu dalam menulis mufradat-mufradat yang telah dihafalnya dengan baik. Penulisan mufradat siswa berbeda dengan apa yang telah
dihafalkannya, seperti dalam menulis kalimat, , ,ﺳﺒﻮرة ﺳﺎﻋﺔ ﻧﺎﻓﺬة dan mereka menulis tanpa .اﻷﻟﻒ ,اﻟﻮاو Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah siswa di sekolah MTsS Darul Ihsan tentang penguasaan mufradat dalam penulisannya. Adupun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode Deskriptif, dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara dan soal. Adapun populasi penelitian merupakan siswa MTsS Darul Ihsan dengan jumlah 287 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 dan 3 yang berjumlah 20 siswa. Adapun hasil penilitian yang dicapai adalah, masalah yang dihadapi oleh siswa MTsS Darul Ihsan adalah siswa lemah dalam pelafalan mufradat yang telah di hafalnya. Siswa pandai dalam menghafal mufradat akan tetapi tidak bisa menulis apa yang telah di ucapkanya dengan benar, siswa sulit membedakan huruf–huruf yang saling berdekatan seperti huruf, س و .ث ، ظ و ط، ك و ق Kemampuan siswa lemah dalam menulis dikarenakan tidak bisa membedakan antara huruf yang saling berdekatan dalam makharijul huruf, jadi sebelum bisa menulis mufradat siswa harus memperhatikan/ mengetahui huruf - huruf hijaiyah sesuai dengan kaidah penulisan yang benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.DR.Gunawan Adnan, MA 2.Dr. Mukhlisah, MA
Uncontrolled Keywords: Peguasaan Mufradat Siswa dalam Menulis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Teuku Riswandi
Date Deposited: 17 Jul 2018 09:02
Last Modified: 17 Jul 2018 09:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4137

Actions (login required)

View Item
View Item