Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Diskusi dan Presentasi di MIN 7 Pidie

Willi Yanti, 201325104 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Diskusi dan Presentasi di MIN 7 Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran dan Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran dan Belajar)
Willi Yanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (888kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih metode pembelajaran yang sesuai. Dari hasil observasi di kelas IVbMIN 7 Pidie, masih terdapat kekurangan pada pembelajaran seperti: kurangnya pengetahuan guru tentang metode pembelajaran dan masih rendahnya hasil belajar siswa. Menggunakan Metode Diskusi dan Presentasimerupakan salah satu metode pembelajaran dimana siswa bekerja secara dalam kelompok dan melatih siswa berbicara secara lisan menjelaskan materi yang dipelajari dan mempresentasikan hasil kerjanya ke depan kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada tema Cita-citaku di kelas IVbMIN 7 Pidie. Penelitian ini menggunakan jenis PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVb MIN7 Pidie. Adapun materi yang diajarkan pada kelas tersebut adalah tentang Wawancara. Data diperoleh dari soal test. Test dilakukan pada saat akhir pembelajaran. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis persentasesesuai dengan kriteria keefektifan yang telah ditentukan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Pada siklus I, hasil belajar siswa masih rendah atau belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal adalah 52,94%. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat baik dengan persentase nilai adalah 88,23% yang telah mencapai ketuntasan klasikal.Dari hasilpengolahan data makadapat disimpulkanbahwaPenerapan MetodeDiskusi dan Presentasidapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori meningkat dan tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Tasnim Idris, M.Ag 2. Yuni Setia Ningsih, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Presentasi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Willi Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2018 09:56
Last Modified: 24 Jul 2018 09:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4141

Actions (login required)

View Item
View Item