Zyaul Haqqi, 341303428 (2018) Pembelajaran Tafsir di Pesantren Ummul Ayman Samalanga. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.
Zyaul Haqqi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (235kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran tafsir kepada santri dayah Ummul Ayman Samalanga melalui kurikulum dayah yang di sesuaikan dengan kemampuan santri. Standarisasi pengajaran didasari kepada rancangan mata pelajaran tafsir yang diajarkan menurut tingkat rangsangan belajar para santri. Atas dasar pemahaman tersebut, penulis kiranya menemukan tiga persoalan yang perlu ditinjaklanjuti dalam kajian ini: Pertama, bagaimana pola pembelajaran tafsir yang digunakan pada dayah Ummul Ayman. Kedua, bagaimana pemahaman santri dayah Ummul Ayman dalam memahami tafsir. Ketiga, bagaimana peluang dan tantangan kemampuan santri yang terjadi ketika menerapkan pembelajaran tafsir pada pesantren Ummul Ayman. Metode dan tehnik penyelesaian ketiga persoalan ini akan ditempuh melalui metode analisis isi (content analisis). Dikarenakan masalah yang penulis munculkan adalah field research, maka acuan penyelesaiannya adalah perpaduan library research dan field research dengan menggunakan data dan informasi melalui upaya observasi, populasi, sampel dan wawancara yang didasari pada pengakuan objek. Dari data yang diperoleh kemudian diolah dengan menentukan jawaban berdasarkan hasil wawancara dengan pimpinan dan guru yang mengajar di pesantren Ummul Ayman juga dari santri sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, pola pembelajaran tafsir di pesantren Ummul Ayman dilaksanakan sesuai dengan cara santri dalam menerima rangsangan belajar berdasarkan pendekatan-pendekatan belajar secara terpadu dan terpisah. Demikian pula metode belajar yang dilakukan oleh pengajar di pesantren Ummul Ayman adalah dengan memakai metode-metode belajar seperti metode tanya jawab, pengulangan dan demontrasi. Kedua, pemahaman santri dalam menguasai materi tafsir terbatas pada satu kitab tafsir saja yaitu tafsir al-Jalalain dan pemahaman mereka dalam mempelajari tafsir adalah bagus, dengan maksud ia bisa memahami tafsir sesuai dengan apa yang diajarkan teungku dan sanggup membaca sendiri untuk memahami berdasarkan teks tafsir. Ketiga, tantangan bagi santri dan guru pengajar tidak begitu menyulitkan yang terjadi ketika proses pembelajaran, namun kebiasan yang terjadi adalah pada saat-saat terdapat ayat yang mengkisahkan peristiwa masa lalu mereka sering terlena dan kadang-kadang terjadi pembahasan yang panjang di luar topik. Tantangan lain bagi sebagian santri adalah kurang menguasai qawai’d tafsir karena pembelajaran hanya terfokus pada teks kitab tafsir al-Jalalain, terjemahan dan pemahaman yang dijelaskan teungku.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Fauzi Saleh, M.A 2. Zainuddin, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tafsi,Pesantren Ummul Ayman Samalanga |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an > 2X1.31 Ilmu Tafsir |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Zyaul Haqqi |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 07:51 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 07:51 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4160 |