Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik pada Materi Pengukuran di Kelas X SMAN Baitussalam Aceh Besar

Nur Afni, 251324461 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik pada Materi Pengukuran di Kelas X SMAN Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Inkuiri Terbimbing]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Inkuiri Terbimbing)
Nur Afni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (953kB) | Preview

Abstract

Kurangnya minat peserta didik untuk belajar materi pengukuran menjadi pemicu penyebab peserta didik tidak mencapai nilai sesuai KKM sehingga mengakibatkan peserta didik tidak mampu mencapai tujuan pembalajaran. Hal ini dibuktikan oleh perolehan nilai rata-rata peseta didik di bawah KKM yaitu 75. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran, guru sering menggunakan model inkuiri akan tetapi tidak sesuai dengan langkah-langkahnya dan keterampilan proses sains (KPS) pada peserta didik masih rendah, maka dari itu perlu kegiatan pembelajaran yang bisa melatih KPS peserta didik. Salah satu solusi adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap KPS peserta didik pada materi Pengukuran di kelas X SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode quasy experimental dengan design penelitian non equivalent pretest-posttest control group design yang melibatkan kelas eksperimen X IPA1 dan kelas kontrol X IPA2. Instrumen pada penelitian digunakan adalah soal tes dan dianalisis melalui SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi pengukuran dikelas X SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar dimana thitung>ttabel yaitu 3,88>1,67, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikkan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi pengukuran dikelas X SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Misbahul Jannah, M.Pd. Ph.D 2.Rahmati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Pengaruh, Keterampilan Proses Sains
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Afni
Date Deposited: 17 Jul 2018 09:15
Last Modified: 17 Jul 2018 09:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4165

Actions (login required)

View Item
View Item