Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PKn Kelas V MIN Merduati Banda Aceh

Hendra Mulya, 201223480 (2017) Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PKn Kelas V MIN Merduati Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT)]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT))
HENDRA MULYA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. Berdasarkan observasi, hasil belajar siswa di MIN Merduati Banda Aceh belum mencapai nilai kriteria kelulusan minimal pada pebelajaran PKn disebabkan kurang dalam menggunakan media dan model pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Dari sini timbullah pemikiran penulis untuk melakukan upaya agar terciptanya proses pembelajaran yang lebih baik, dengan menciptakan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan hasi belajar siswa, Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan penerapan model VCT dalam pebelajaran PKn di kelas V MIN Merduati Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dengan penerapan model VCT dalam pembelajaran PKn di Kelas V/B MIN Merduati Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V/B MIN Merduati Banda Aceh yang berjumlah 38 siswa dengan KKM Individual 70 dan klasikal 75%, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (l) Lembar Observasi (2) soal post tes, (3) soal Free-tes kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 3, 64%, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 4, 57%. (2) aktifitas siswa pada siklus I yaitu 3, 45%, pada siklus II meningkat yaitu 4, 54% (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60, 52%, dan meningkat pada siklus II sebesar 78, 94%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model Value Clarification Technique sangat cocok digunakan pada pembelajaran PKn dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V/B MIN Merduati Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Nurdin Manyak, M, Ag 2.Hafidh Maksum, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model (VCT), Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hendra Mulya
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:14
Last Modified: 20 Jul 2018 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4214

Actions (login required)

View Item
View Item