Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Konsep Suhu terhadap Hasil Belajar Siswa di MTsS Darussyari’ah Banda Aceh

Nurparidah, 251222804 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Konsep Suhu terhadap Hasil Belajar Siswa di MTsS Darussyari’ah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Konsep Suhu]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Konsep Suhu)
NURPARIDAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (930kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VII MTsS Darussyari’ah Banda Aceh di peroleh permasalahan bahwa kesulitan belajar fisika yang di hadapi oleh siswa salah satunya di sebabkan karena guru jarang melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan eksperimen dan keterbatasan media pembelajaran sehingga keinginan siswa dalam belajar masih kurang. Hal ini dapat di lihat dari nilai hasil ulangan yang di dapat siswa dengan nilai rata-rata sebesar 50, dan nilai tersebut masih di bawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka diperlunya media pembelajaran yang sesuai dengan konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa di MTsS Darussyari’ah Banda Aceh dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada konsep suhu, untuk mengetahui respon siswa terhadap Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada konsep suhu pada siswa, serta untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada konsep suhu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen sedangkan desainnya adalah Pre-Test Dan Post-Test Control Group Design yang di laksanakan di MTsS Darussyari’ah Banda Aceh. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Darussyari’ah Banda Aceh semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian di ambil menggunakan teknik sampling jenuh sehingga di peroleh kelas VII1 yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas control. Pengumpulan data di lakukan dengan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji-t dua sampel independen, di peroleh skor rata-rata kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor post-test kelas kontrol dengan thitung > ttabel yaitu 3,1 > 2,68 pada taraf signifikan 95%. Respon siswa sangat baik menunjukkan persentase 58,73 % terhadap pernyatan angket. Hasil analisis data aktivitas guru dan siswa meningkat sangat baik berdasarkan persentase 85,41 % meningkat menjadi 97,05%. Hal ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi Konsep Suhu di MTsS Darussyari’ah Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr.Saifullah,M.Ag 2.Fitriyawany, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah (PBM), Peningkatan Hasil Belajar,Materi Konsep Suhu.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurparidah
Date Deposited: 23 Jul 2018 01:45
Last Modified: 23 Jul 2018 01:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4221

Actions (login required)

View Item
View Item