Penggunaan Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMAS Babul Maghfirah Aceh Besar

Sri Rahayu Sukma, 291223254 (2017) Penggunaan Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMAS Babul Maghfirah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Sri Rahayu Sukma.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Gambaran yang bisa diambil secara umum pada proses pembelajaran di SMAS Babul Maghfirah ialah rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran kimia. Hal ini ditunjukkan dari banyak siswa yang tidak tuntas dalam mengikuti mata pelajaran kimia, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang, konsentrasi siswa kurang terfokus pada kegiatan pembelajaran kimia dan media belajar yang digunakan tidak sesuai dengan materi yang disampaikan. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah melalui penggunaan media video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran, untuk mengetahui respon siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan video animasi dan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa pada materi laju reaksi dengan menggunakan video animasi. Penelitian ini dilaksanakan pada Tanggal 19 Januari sampai dengan 25 Januari 2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 32orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk multiple choise dan angket. Dan hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Persentase aktivitas siswa pada siklus I (87,50%) dan meningkat pada siklus menjadi II (97,32%). (2). Persentase aktivitas guru pada siklus I (82,69%) dan meningkat pada siklus II menjadi (94,24%). (3). Rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I (75,31) dan siklus II (80,00), ketuntasan klasikal siklus I (71,87%) dan siklus II (87,50%). (4).Hasil respon siswa diperoleh bahwa (94,06%) siswa tertarik mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media video animasi pada materi laju reaksi. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran pada materi laju reaksi dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa, aktifitas siswa dan respon siswa di kelas XI SMAS Babul Maghfirah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Ramli Abdullah, M.Pd; 2. Haris Munandar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Video Animasi,Hasil belajar, Lajureaksi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Sri Rahayu Sukmaa
Date Deposited: 23 Jul 2018 03:08
Last Modified: 23 Jul 2018 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4233

Actions (login required)

View Item
View Item