Peningkatan Keterampilan Bertanya pada Siswa Melalui Penerapan Metode Diskusi Di SMP Neger 9 Banda Aceh

Nurlaili, 210918941 (2014) Peningkatan Keterampilan Bertanya pada Siswa Melalui Penerapan Metode Diskusi Di SMP Neger 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Ketrampilan Bertanya Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Ketrampilan Bertanya Siswa)
Nurlaili.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembimbing I : Drs. M. Nur daud, M.Pd
Pembimbing II : Masbur. M.Ag
Kata Kunci : Peningkatan Keterampilan Bertanya pada Siswa
Melalui Penerapan Metode Diskusi
Proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik kalau metode yang digunakan betul- betul tepat sesuai dengan materi yang akan diberikan oleh guru. Oleh sebab itu untuk peningkatan ketrampilan bertanya guru memilih metode diskusi, karena masih ada sebagian siswa masih lemah dan belum berani untuk mengajukan pertanyaan pada guru. Adapun yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan keterampilan bertanya pada siswa melalui penerapan metode diskusi di SMP Negeri 9 Banda Aceh? (2) Bagaimana motivasi siswa terhadap penerapan metode diskusi di SMP Negeri 9 Banda Aceh ? (3) Faktor- faktor apa saja yang menghambat siswa dalam penerapan metode diskusi di SMP Negeri 9 Banda Aceh ?. Tujuan dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keterampilan bertanya pada siswa melalui penerapan metode diskusi di SMP Negeri 9 Banda Aceh (2) Untuk mengetahui motivasi siswa terhadap penerapan metode diskusi di SMP Negeri 9 Banda Aceh. (3) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam penerapan metode diskusi di SMP Negeri 9 Banda Aceh . Rancangan yang digunakan didalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas II1 SMP Negeri 9 Banda Aceh tahun ajaran 2013- 2014, yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi aktivitas guru dan siswa, tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan Rumus persentase (%). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa peningkatan aktivitas guru mencapai 73,7% pada siklus 1 dan 83,7% pada siklus II. Dan aktivitas siswa juga
v
mengalami peningkatan mencapai 80% pada siklus 1 dan 90% pada siklus II. Nilai tes pada siklus 1 mencapai 69 % dan siklus II 76 %. penghambat yang dihadapi guru dalam penerapan metode diskusi adalah terbatasnya waktu dan adanya siswa yang malas bertanya. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan bertanya pada siswa melalui penerapan metode diskusi di SMP Negeri 9 Banda Aceh sudah meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Drs. M. Nur daud, M.Pd 2.Masbur. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan Bertanya pada Siswa Melalui Penerapan Metode Diskusi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Depositing User: Users 2717 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:43
Last Modified: 28 Sep 2018 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4250

Actions (login required)

View Item
View Item