Siti Aliah, 411206661 (2018) Implementasi Nilai-Nilai Dakwah dalam Program Coorporate Social Responsibility PT. Indomobil Prima Niaga Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Siti Aliah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (27MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) menjelaskan bahwa suatu perusahaan memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat yang ada di sekitar tempat perusahaan menjalankan kegiatan usahanya. Hal inilah yang telah dilakukan oleh PT. Indomobil Prima Niaga Aceh untuk menerapkan programprogram CSR yang merupakan tanggung jawab sosial bagi masyarakat dan mengandung nilai dakwah di dalamnya. Namun pada kenyataannya, masyarakat banyak yang tidak mengetahui program-program yang dilakukan oleh perusahaan otomotif ini. Sehingga program tersebut tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap kegiatan pemasaran perusahaan. Maka dari itu timbul pertanyaan dalam penelitian ini yaitu: apa saja program-program CSR di PT. Indomobil Prima Niaga Aceh? Bagaimana proses penerapan program CSR tersebut? Nilai-nilai dakwah apa saja yang terkandung dalam program CSR?. Tujuannya adalah untuk melihat dan mengetahui program CSR PT. Indomobil Prima Niaga Aceh, bagaimana penerapannya dan nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam program CSR tersebut. Teori yang digunakan adalah teori citra yang merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah perusahaan yang membuat perubahan positif dan image yang baik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program CSR PT. Indomobil Prima Niaga Aceh adalah program pendidikan, program bencana dan pelestarian alam, serta program santunan anak yatim. Proses penerapan program CSR dengan menggunakan startegi pendekatan awal, mengidentifikasi masalah, merumuskan rencana aksi, menerapkan program yang telah disepakti bersama, melakukan kerja sama dan melakukan evaluasi. Nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam program-program CSR tersebut adalah nilai tolong-menolong, nilai kejujuran, nilai kerja keras, nilai kebersihan dan murah hati.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Dr. Jasafat, M.A 2.Azman, S.Sos. I, M.I. Kom |
Uncontrolled Keywords: | Corporate, Social, Responsibility,CSR |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Siti Aliah |
Date Deposited: | 27 Jul 2018 05:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2018 05:03 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4262 |