Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Visual pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V MIN 20 Aceh Besar

Wilda Rahmina, 201223408 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Visual pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Wilda Rahmina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh suatu model atau media pembelajaran yang akan diterapkan kepada siswa dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang nyata perlu dikembangkan untuk dapat meningkatkan penguasaan pembelajaran. Salah satu Media yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah media visual. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan Media Visual, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan Media Visual, (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Visual pada materi pencernaan makanan pada manusia kelas V semester Ganjil. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan melalui (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Soal tes hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan media visual pada siklus I dengan nilai persentasenya 70,76% (kategori baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 89,23% (kategori sangat baik); (2) pada aktivitas siswa saat menerapkan media visual ke dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I nilai persentasenya 70,30% (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan nilai persentase 90,76% (kategori sangat baik); (3) hasil belajar siswa pada siklus I belum tuntas dengan nilai persentase 68,18% (kategori baik), sedangkan pada siklus II dengan menerapkan media visual pada proses pembelajaran IPA menunjukkan sebanyak 39 siswa sudah tuntas dengan nilai persentase 88,64% (kategori sangat baik). Dengan demikian, penerapan media visual dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Misbahul Jannah, M.Pd, Ph. D; 2. Wati Oviana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Visual
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: wilda rahmina
Date Deposited: 25 Jul 2018 08:26
Last Modified: 25 Jul 2018 08:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item
View Item