Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Project Based Learning(PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs

Shadiqatul Muntashar, 261324540 (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Project Based Learning(PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran Matematika]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran Matematika)
Shadiqatul Muntashar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran Matematika]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran Matematika)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (858kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang menjadi tujuan diajarkan mata pelajaran matematika dalam Permendikbud Nomor 22 tahun 2006. Kurikulum 2013 mengamanatkan guru mengintegrasikan Perangkat Pembelajaran yang memadai untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran dengan Model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat digunakan guru untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran serta memenuhi amanat kurikulum 2013. Belum tersedianya Perangkat Pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) menyebabkan guru belum melaksanakan pembelajaran seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada Model Pengembangan Dick and Carey yang terdiri dari sembilan tahap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Perangkat memenuhi kriteria kevalidan yang diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai kriteria sangat baik untuk RPP, LKPD, Bahan Ajar dan LE. Selanjutnya kepraktisan terlihat dari penilaian validator yang menyatakan bahwa Perangkat Pembelajaran dapat diterapkan. Selain itu, kriteria kepraktisan juga dilihat dari hasil analisis respon guru terhadap Perangkat pembelajaran yang mencapai kategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,94 sehingga dikatakan praktis. Oleh karena itu Perangkat Pembelajaran matematika dengan Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari RPP, LKPD, Lembar Evaluasi dan Bahan Ajar memenuhi kriteria valid dan parktis.
Kata Kunci : Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model Dick and Carey, Model Project Based Learning (PjBL), Prisma dan Limas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M. Kes 2. Khairatul Ulya, S. Pd. I, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Model Dick and Carey, model Project Based Learning (PjBL), Prisma dan limas.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Shadiqah Muntashar
Date Deposited: 28 Sep 2018 04:04
Last Modified: 01 Oct 2018 09:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4304

Actions (login required)

View Item
View Item