Penggunaan Alat Peraga Congklak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV MIN 3 Banda Aceh

Mona Aprimila, 201325184 (2018) Penggunaan Alat Peraga Congklak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV MIN 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Alat Peraga Congklak]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Alat Peraga Congklak)
Mona Aprimila.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Kesulitan memahami pelajaran terjadi karena cara penyampaian materi yang kurang menarik membuat siswa bosan sehingga siswa enggan untuk mendengarkan penjelasan guru, karena saat pembelajaran guru tidak menyediakan alat peraga. Penggunaan alat peraga congklak menjadi salah satu alternatif untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan guru, kemampuan siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga congklak pada materi perkalian dan pembagian di kelas IV MIN 3 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dan siswa dalam pembelajaran matematika, serta peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga congklak pada materi perkalian dan pembagian di kelas IV MIN 3 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV-A MIN 3 Banda Aceh yang berjumlah 36 orang siswa dengan KKM individual 75 dan klasikal 80%, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: lembar observasi dan tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru pada siklus I yaitu 70%, pada siklus II yaitu 74%, dan pada siklus III yaitu 80%. (2) Kemampuan siswa pada siklus I yaitu 64%, pada siklus II yaitu 78%, dan pada siklus III yaitu 84%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64%, dan pada siklus II sebesar 75%, dan pada siklus III sebesar 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan alat peraga congklak dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika kelas IV MIN 3 Banda Aceh sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Muslim Razali, SH., M. Ag 2.Nida Jarmita, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Alat Peraga, Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mona Aprimila
Date Deposited: 06 Aug 2018 03:46
Last Modified: 06 Aug 2018 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item
View Item