Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Lurus di Kelas X MAS Babun Najah Banda Aceh

Ayu Rismayanti, 251324522 (2018) Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Lurus di Kelas X MAS Babun Najah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Ayu Rismayanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Frm B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Frm B dan Form D.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah model yang diterapkan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi. Hasil observasi awal di MAS Babun Najah Banda Aceh menunjukkan bahwa proses pembelajaran fisika masih dominan dengan metode konvensional; siswa cenderung hanya menerima dan kurang terlibat langsung dalam mencari suatu jawaban dari permasalahan. Akibat dari masalah ini hampir 50 % nilai ulangan siswa tidak mencapai KKM (75), oleh karena itu penulis menerapkan suatu media yang dianggap mampu mengatasi masalah tersebut yaitu Media Animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi Gerak Lurus di kelas X MAS Babun Najah Banda Aceh dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Model Media Animasi tersebut. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen jenis control group pretest-posttest desaign. Kemudian data dan hasil uji statistik dianalisis dengan SPSS 20,0 For Windows. Hasil uji statistik ditemukan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,729 > 1,68 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa media animasi berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap media animasi dengan rata-rata persentase setuju 41,28 % dan sangat setuju 48,38 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di kelas X MAS Babun Najah Banda Aceh dan mendapatkan respon yang positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Khairiah Syahabuddin M.H.Sc.ESL., M.TESOL, Ph.D; 2. Yeggi Darnas, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Model Media Animasi, Hasil Belajar Siswa, Materi Gerak Lurus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ayu Rismayanti
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:46
Last Modified: 31 Jul 2018 07:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4333

Actions (login required)

View Item
View Item