Penerapan Teknik Skema dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas V MIN 27 Aceh Besar

Ikhwana, 201325068 (2017) Penerapan Teknik Skema dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas V MIN 27 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Ikhwana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa yaitu dengan menerapkan Teknik Skema, Teknik Skema merupakan salah satu teknik pembelajaran dimana siswa dapat memahami teks bacaan yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap membaca. Berdasarkan hasil observasi Kelas Vc MIN 27 Aceh Besar, masih terdapat kekurangan pada pembelajaran seperti: siswa sulit memahami teks bacaan yang telah mereka baca, mereka hanya sekedar membaca tanpa memahami teks bacaan tersebut, sehingga pada saat menjawab soal yang diberikan oleh guru, mereka kesulitan dan menanyakan kembali apa maksud bacaan tersebut kepada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan menerapkan teknik skema siswa kelas Vc MIN 27 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan menerapkan teknik skema siswa kelas Vc MIN 27 Aceh Besar. (3) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa melalui penerapan teknik skema dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas Vc MIN 27 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas Vc MIN 27 Aceh Besar yang berjumlah 38 siswa dengan KKM individual 65 dan klasikal 85%. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus, dengan pengumpulan data menggunakan: lembar observasi dan tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata yaitu 89,2% dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata yaitu 94,6%, dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 100%. Aktifitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,7%, dan meningkat pada siklus II yaitu 86,2%, dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata yaitu 92,5%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 44,7%, dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata yaitu 78,9%, dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 92,1%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Teknik Skema dalam pembelajaran membaca pemahaman kemampuan guru dapat meningkat, siswa lebih aktif, dan hasil belajar siswa melalui penerapan Teknik Skema pada kelas Vc MIN 27 Aceh Besar lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Tasnim Idris, M.Ag; 2. Silvia Sandi Wisuda Lubis, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Teknik Skema, Membaca pemahaman
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ikhawana Fatimah
Date Deposited: 02 Aug 2018 03:04
Last Modified: 02 Aug 2018 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4370

Actions (login required)

View Item
View Item