Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dan Media Gambar Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia di SMPN 2 Pasie Raja

Ulvi Maulida, 281324869 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dan Media Gambar Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia di SMPN 2 Pasie Raja. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran dan Belajar]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran dan Belajar)
Ulvi Maulida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMPN 2 Pasie Raja belum maksimal dalam penerapan model pembelajaran ketika mengajar di kelas. Guru di sini juga dijadikan sebagai satu-satunya sumber informasi sehingga kegiatan belajar mengajar hanya terjadi satu arah saja, salah satu cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model dan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match dan media gambar materi sistem peredaran darah pada manusia. Penelitian ini menggunakan rancangan True eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pasie Raja, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa dan kelas VIII sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar soal. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis hasil belajar siswa menggunakan statistik Uji t. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen pada pertemuan I 85%, dan pertemuan II 94,37%, sedangkan rata-rata persentase aktivitas di kelas kontrol pertemuan I 59,21%, dan pada pertemuan II 76,65%. Hasil belajar siswa di kelas eskperimen diperoleh rata-rata pretest adalah 41 dan nilai posttest adalah 82,08, sedangkan di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest adalah 31 dan nilai posttest adalah 63,04. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t = 7,55 dan t tabel = 1,68 sehingga terhitung > ttabel maka Ha diterima dan H ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen tergolong sangat aktif, sedangkan di kelas kontrol tergolong aktif dan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol karena adanya penerapan model pembelajaran Make a match dan media gambar di SMPN 2Pasie Raja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ibu Elita Agustina, M.Si. 2. Nurlia Zahara, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Make a macth, media gambar, dan hasil belajar siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ulvi Maulida
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:03
Last Modified: 08 Aug 2018 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4462

Actions (login required)

View Item
View Item